Cara Merawat HP Smartphone Android


android system

Penggunaan handphone android memang cukup sedikit memijat ibu jari anda dan menyentuhnya ke layar, berbagai macam aplikasi pun dapat berlari. Namun, anda harus pintar dalam menjaga kondisi fisik ataupun sumber daya dan program aplikasi dengan cara merawatnya. Ikutilah tipsnya agar handphone android anda tetap terjaga stabil.

Setiap perangkat atau alat elektronik diperlukan perawatan, tidak terkecuali android yang merupakan salah satu dari perangkat elektronik. Perawatan atau maintenance sering kali kita lupakan, maintenance merupakan hal kecil namun mempunyai dampak yang besar jika anda lupa melakukannya. Bagaimana cara merawat android kita? Mari kita berbagi bersama tentang cara maintenance pada android.



Tips Merawat, Memperbaiki, dan Mencegah Kerusakan pada Android :
Bagian Layar tampilan
1.Gunakanlah screen protector atau plastik antik gores pada layar handphone.
2.Jauhkanlah handphone dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi, dan benda-benda lain yang mengandung magnet.
3.Usahakan layar LCD tidak dalam keadaan kotor, dan jika layar itu kotor bersihkanlah dengan menggunakan tissue atau kain yang halus.
4.Gunakanlah jari telunjuk untuk menggunakan layar, jangan menggunakan kuku untuk mengusap layar ketika sedang menggunaka karena akan mengakibatkan layar tergores.
5.Hindarkan terkena sinar matahari secara langsung, karena akan merusak kualitas LCD tersebut.
6.Jangan menekan layar terlalu kencang, tekan layar sewajarnya saja.
7.Hindarkan dari tempat yang sempit dan menekan seperti saku celana jeans, karena akan cepat merusak layar LCD jika terlalu sering menerima tekanan.
Bagian Baterai

Dalam merawat sebuah baterai,hal yang harus diperhatikan adalah pada saat charger. Waktu anda melakukan charge / cas pada hp android janganlah sampai terlalu lama. Lebih lengkapnya dan pernah saya tulis pada artikel memperpanjang life cycle baterai pada android yang dapat anda baca di sini.

Bagian Body

1.Pergunakan Android Secara Baik
Pergunakan android tersebut dengan baik, sayangi device anda tersebut. Karena jika device tidak diperlakukan dengan baik, bisa jadi anda menjadi rusak. Kalau rusak kan pastilah anda sendiri yang akan repot.

2.Jauhkan Android dari Benda-Benda yang Mengandung Elektromagnetik
Benda-benda elektromagnetik akan mengganggu fungsi frekuensi jaringan (sinyal) perangkat android anda dan dapat menyebabkan android anda tidak ada sinyal dan akan mengganggu fungsi android lainnya. Misalnya perangkat android anda dekatkan dengan speaker aktif atau tape radio, maka akan terdengar bunyi beep pada speaker yang disebabkan oleh frekuensi speaker dan HP saling bertabrakan.

3.Beri Aksesoris Pelindung Android
Perangkat android anda juga membutuhkan aksesoris yang dapat melindungi android anda dari benturan, percikan air, jatuh, panas, dan resiko lain. Beberapa aksesoris yang dapat melindungi android diantaranya yaitu sarung HP, Gantungan HP, Tali HP, Pelindung LCD Display, Casing yang bagus, dan lain-lain. Saya lebih menyarankan anda menggunakan softcase dibanding hardcase, sekalipun hardcase terlihat keren namun lebih optimal softcase dalam melindungi android anda, terlebih apabila anda sering melepas hardcase dengan alasan akan menganti kartu SIM/UIM. Hal ini akan menyebabkan adanya goresan pada cashing, selain itu ketika android anda tidak sengaja terbentur, maka softcase lebih optimal dalam memberi redaman dibanding hardcase. Selain itu pergunakan pelindung yang mempunyai system sirkulasi udara sehingga android anda tidak panas.

4.Bersihkan Android Anda Secara Berkala
Android yang kita gunakan setiap hari ada baiknya untuk dibersihkan dari debu yang menempel, dan juga supaya android menjadi lebih bersih dan tampil cerah seperti android baru.

5.Simpan Android Anda di Tempat yang Aman
Menyimpan perangkat anda di tempat yang aman akan menghindarkan HP dari resiko pencurian, jatuh terbanting dan mencegah kehilangan HP barangkali saja anda lupa menaruh android.

6.Jangan Kena Air
Perangkat android jika terkena air akan mengalami konsleting pada sistem yang akan menyebabkan kerusakan permanen pada hardware android. Untuk itu hindarkan android supaya jauh dari jangkauan air.

7.Jauhkan Perangkat dari Jangkauan Anak-Anak
Anak-anak mungkin belum mengerti dengan perangkat android, kemungkinan besar anak-anak akan membanting android tersebut yang dikiranya perangkat itu adalah mainannya. Jadi jauhkan android anda dari jangkauan anak-anak.

Beberapa perawatan komponen dan tambahan lainnya

1.Beberapa komponen terkadang juga diperlukan perawatan khusus. Beberapa sensor seperti sensor cahaya yang nampak secara fisik dapat anda lakukan pembersihan dengan kain atau media lain yang permukaannya halus sehingga hantaran cahaya dapat optimal diterima oleh sensor cahaya pada android anda, begitu juga tombol yang merupakan komponen penting yang sering kali kita gunakan, ketika anda menggunakan tombol anda sebaiknya jangan terlalu keras dalam melakukan penekanan, juga kurangi intensitas dalam penekanan dapat menambah usia tombol baik keytone maupun keypad nya.

Tips-tips Menjaga Keamanan Android Anda :
1. Menggunakan akun Gmail ( Surat Elektronik )
Android adalah sistem operasi milik Google, jadi Anda membutuhkan akun Google (atau Gmail) untuk menggunakan banyak fitur di smartphone Android yang dapat dipilih. Jika belum memilikinya, Anda bisa langsung membuatnya langsung dari ponsel atau melalui web online tools.

Saat pertama kali mengakses beberapa fitur yang terhubung dengan Google seperti Android Market, Anda akan langsung menemukan pilihan untuk membuat akun Gmail (email Google).

Cara Membuat email cukup mudah; Silahkan pergi ke www.gmail.com
Kemudian, Anda hanya tinggal mengisi beberapa informasi data diri yang diminta serta nama akun beserta password pilihan Anda. Sedangkan jika Anda sudah memilikinya, cukup memasukkan nama akun (tanpa perlu embel-embel @gmail.com) dan password untuk mendaftarkan smartphone Anda dengan server Google.

2. Berlangganan data plan
Setelah terhubung ke server Google, smartphone Anda akan terus menerus menggunakan data untuk mencari update berbagai aplikasi termasuk Facebook dan email yang masuk. Ini tentu akan menguras pulsa sangat cepat dan banyak bahkan tanpa Anda sadari.

Solusinya, langganan paket internet yang disediakan operator Anda. Operator biasanya memberikan pilihan berdasarkan waktu (harian/mingguan/bulanan) dan besaran data. Untuk mudahnya ambil saja paket yang perbulan.

3. Unduh aplikasi dengan rating tinggi
Ratusan ribu aplikasi gratis di Android Market adalah salah satu daya tarik utama OS Android, tapi ingat bahwa tak semuanya cocok untuk smartphone dan kebutuhan Anda. Jadi, perhatikan rating yang terdapat di tiap aplikasi (ditunjukkan dengan logo bintang).

Semakin banyak bintang biasanya semakin bagus, meski beberapa pengguna "iseng" yang memberi rating rendah akan membuat bintangnya tidak sampai penuh. Selain itu baca juga ulasan pengguna yang sudah menggunakan aplikasi tersebut.

4. Underclock agar baterai irit
Sebenarnya lumrah jika smartphone Android boros dalam memakai daya baterai, namun hal ini bukan tak dapat diakali. Beberapa smartphone memiliki fitur underclock yang dapat langsung diakses dari menu, untuk menurunkan kecepatan prosesor. Misal sebelumnya berjalan di kecepatan 1Ghz, setelah di-underclock menjadi 800 Mhz.

Tak perlu khawatir ponsel akan berkurang drastis kinerjanya, karena saat Anda tidak sedang menjalankan aplikasi berat seperti bermain game atau menggunakan GPS, fitur yang satu ini merupakan jurus jitu untuk menghemat baterai.

5. Lindungi ponsel dari tangan jahil
Smartphone Android bisa dipastikan memiliki layar sentuh, sehingga Anda bisa menggunakan fungsi kunci layar dengan menggambar gestur (pola) tertentu ataupun dengan kata sandi untuk melindunginya dari tangan jahil atau tidak sengaja.

Fitur ini bisa ditemukan di Pengaturan, submenu Lokasi & Pengaman, lalu pilih Tetapkan Kunci Layar. Di sini Anda bisa tentukan sendiri jenis pengamanan yang bisa Anda gunakan. Jika terasa kurang, Anda bisa mengunduh aplikasi pengamanan tambahan dari Android Market.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Lowongan

Laptop/Notebook Asus Terbaru K55VM-SX086D

Sygic GPS Navigasi Android Terbaru Full, v13.1.4